Rabu, 28 Januari 2009

Presiden Tugaskan Tiga Menteri ke Papua Barat

Minggu, 4 Januari 2009 | 11:24 WIB

JAKARTA, MINGGU — Untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan pascagempa bumi di Manokwari, Papua Barat, Minggu dini hari tadi (4/1), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugaskan tiga menteri untuk berangkat ke Papua Barat, hari ini juga.

Tiga menteri tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal, dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah.

Hal ini disampaikan Presiden dalam keterangan pers seusai meninjau Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. "Sejauh ini sistem telah bekerja. Namun, untuk memastikannya, siang ini saya sudah menugaskan tiga menteri tersebut untuk segera berangkat," tandas Presiden.

Menurut Presiden, menjelang subuh terjadi gempa bumi utama dan gempa susulan yang kekuatannya berkisar antara 5-7 skala Richter. Bahkan, gempa paling kuat skalanya mencapai 7,6 SR. Pusat gempa ada di darat dan di lautan.

Setelah mendapat kabar terjadinya gempa bumi di Sorong dan Manokwari, Papua Barat, menjelang subuh tadi, Presiden mencoba melakukan kontak ke Papua, tetapi masih sulit.


"Tepat jam enam saya bisa berkomunikasi dengan Gubernur Papua Barat. Ternyata beliau ada di lapangan. Saya menginstruksikan agar melakukan langkah tanggap darurat serta memulihkan listrik dan fasilitas lainnya," ujar Presiden.

Dikatakan oleh Presiden, dari informasi sementara, terdapat empat korban meninggal dunia dan beberapa rumah serta fasilitas rusak. "Saya akan terus memantau pascakejadian gempa tersebut," demikian Presiden.


Suhartono


---http://www.kompas.com

Tidak ada komentar: